Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Jumat, 22 Juni 2012

Fungsi musik dalam tari

| Jumat, 22 Juni 2012
membantu mempertegas irama tari 
gerak dalam tari berada dalam sebuah kerangka irama. Irama tari sebenarnya juga dimiliki atau dirasakan oleh sipenari. Irama tersebut diperjelas melalui iringan musik agar dapat dinikmati oleh audiens secara visual maupun audio.

Fungsi musik dalam tari

memberi ilustrasi 
ilusi atau gambaran suasana hati dalam tari erat kaitannya dengan karakter atau watak tari. Tari dengan watak lembut biasanya tampil dengan gerakan-gerakan halus dan lembut. Musik dapat membantu membangun karakter tari dengan iringan musik yang lembut atau sebaliknya dengan iringan musik yang keras dan cepat dengan demikian musik pemberi ilustrasi tidak dipengaruhi oleh irama atau tempo 

Membantu/mempertegas ekspresi gerak. 
Gerakan pada tari sangat berperan yang dilakukan dengan berbagai tekanan. Semua tekanan yang digunakan dalam gerak tersebut diperjelas oleh musik. Ini dimaksudkan agar semua gerakan tersebut dapat ditampilkan lebih ekspresif. 

Merangsang penari 
Musik mampu memberi semangat kepada penari bila musiknya sesuai dengan tariannya. Musik juga dapat membantu mengingatkan penari ketika penari tiba-tiba lupa gerakannya, dengan musik penari dapat melahirkan gerakan improvisasi.

Related Posts