Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Kamis, 14 Juni 2012

Musik Klasik

| Kamis, 14 Juni 2012
Musik klasik adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Biasanya musik klasik digolongkan melalui periodisasi tertentu, mulai dari periode klasik, diikuti oleh barok, rokoko, dan romantik. Pada era inilah nama-nama besar seperti Bach, Mozart, atau Haydn melahirkan karya-karyanya yang berupa sonata, simfoni, konserto solo, string kuartet, hingga opera. Namun pada kenyataannya, para komposer klasik sendiri tidak pernah menggolong-golongkan jenis komposisi yang mereka gubah.

Komunitas musik klasik Norwegia berhutang budi pada komposer Edvard Grieg (1843-1907). Walaupun Norwegia meraih kemerdekaannya hanya dua tahun sebelum ia wafat, Grieg telah menempatkan Norway di peta musik internasional melalui komposisi dan kegiatan konsernya, memastikan bahwa negara yang baru lahir menikmati reputasinya dalam komunitas musik internasional. Fakta bahwa Norwegia baru meraih kemerdekaan pada tahun 1905 memiliki pengaruh signifikan terhadap sejarah musik Norwegia. Dalam kurun waktu kurang lebih 500 tahun, Norway hanya sedikit berkontribusi terhadap kebudayan aristokrat dan kalangan borjuis berarti bahwa Norwegia hanya memiliki sedikit kontribusi terhadap musik Renaisanse dan Baroque.

Namun Grieg memiliki penerus yang penting: Halfdan Kjerulf (1815-1868) memiliki reputasi baik sebagai komposer piano dan musik paduan suara pada pertengahan 1800, dan pemain biola terkemuka, Ole Bull (1810-1880) memiliki karir cemerlang di Eropa dan Amerika Serikat dalam kurun waktu yang sama. Kedua tokoh ini yang kemudian membuka jalan bagi perkembangan komunitas musik klasik Norwegia dan merupakan tokoh utama Festival Internasional Bergen, melalui arena konser di Museum Edvard Grieg dan tempat tinggal Ole Bull, Lysøen.Tokoh penting dalam komunitas musik klasik Norwegia adalah Oslo Philharmonic Orchestra, Bergen Philharmonic Orchestra, Norwegian Chamber Orchestra, pianis Leif Ove Andsnes, pemain cello Truls Mørk dan penyanyi sopran Solveig Kringelborn. 

Periode antara jaman keemasan Grieg dan Bull dan musik saat ini juga menampilkan beberapa solois tingkat dunia, seperti penyanyi sopran Kirsten Flagstad (1895-1962). Solois, pemain musik dan orkestra tingkat internasional yang dimiliki Norway merupakan perkembangan yang dialami komunitas musik Norway sejak tahun 1970, pertama-tama melalui pengenalan pendidikan musik kepada masyarakat, dan kemudian melalui berbagai festival dan gedung-gedung konser mulai dibangun di semua kota besar. Proyek utama berikutnya adalah pembangunan gedung opera di Oslo, dimana Opera Nasional Norwegia akan pindah ke bangunan tersebut pada musim gugur 2008.Para komposer Norwegia telah menyimpan peninggalan Edvard Grieg hingga saat ini. Setelah kematiannya, maka komposer paling penting berikutnya adalah Christian Sinding (1856-1941), yang hasil karyanya jelas-jelas dipengaruhi aliran Romantisme

Pada saat yang bersamaan, ketika trend nada tidak beraturan mulai mempengaruhi musik Norwegia, komposer-komposer solid tetap menggunakan nada Grieg dan elemen National Romantic. Komposer tersebut termasuk David Monrad Johansen (1888-1974), Ludvig Irgens Jensen (1894-1969), Harald Sæverud (1897-1992), Klaus Egge (1906-1979), Geirr Tveitt (1908-1981), Øistein Sommerfeldt (1919-1994) dan Johan Kvandal (1919-1999). Dari semua komposer kontemporer, Ragnar Söderlind (dilahirkan tahun 1945) yang paling sering dihubungkan dengan tradisi tersebut.

Related Posts