Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Minggu, 23 September 2012

Macam-macam Bentuk Lagu

| Minggu, 23 September 2012
Kalimat musik merupakan bentuk kesatuan musik. Bagaimana penggunaannya,bagaimana kedudukannya dalam susunan seluruhnya dan bagaimana pula perangkainya. Kalimat musik dapat disusun dengan memakai bermacam-macam bentuk. Bentuk yang paling banyak dipakai adalah bentuk lagu / bentuk bait (Liedform). Bentuk ini memperlihatkan suatu kesatuan utuh dari satu atau beberapa kalimat dengan penutup yang meyaknkan. Menurut jumlah kalimat maka dibedakan:


Bentuk Lagu


  1. Bentuk lagu satu bagian, dengan satu kalimat saja.
  2. Bentuk lagu dua bagian, dengan dua kalimat yang berlainan.
  3. bentuk lagu tiga bagian, dengan tiga kalimat yang berlainan.
A. Bentuk lagu Satu Bagian
Bentuk lagu satu bagian adalah utuh, karena terdiri dari kalimat dengan koma dan titik. Bentuk lagu satu bagian adalah satu kesatuan yang dapat berdikari, mempunyai arti dalam dirinya sendiiri karena bentuknya "bulat" sedangkan refren yang singkat akan tebuka untuk dilanjutkan dengan solo. Maka bentuk lagu satu bagian harus lebih "kaya", lebih "padat" bobotnya dari pada sebuah refren dan inilah sebabnya bahwa jarang terdapat lagu dengan kalimat satu saja.

B. Bentuk lagu dua bagian
Untuk membawakan sebuah lagu yang berbentuk dua bagian, hendaknya diperhatikan kontras diantara 2 kalimat lagu, karena yang menentukan pola pembawaan. Kontras dapat berwujud sebagai:
  1. kontras dinamika, keras lembut
  2. kontras irama
  3. kontras tonalitas, mayor minor atau sebaliknya
  4. kontras harmoni. melalui modulasi (ke domain)
  5. kontras arah lagu, dsb.
Ulangan pun dapat dimaksudkan sebagai kontras : pertama kali dibawakan dengan keras, waktu ulangannya dibawakan sebagai "gema" dengan lembut, ataupun sebaliknya.

C. Bentuk dual (bentuk instrumental)
Bentuk lagu dua bagian mendapat suatu modifikasi dalam sebuah bentuk khusus untuk instrumental yang disebut bentuk duel. bentuk ini mirip dengan bentuk lagu dua bagian, bagian pertama miirip dengan bagian kedua.

D. Bentuk lagu tiga bagian
Disamping bentuk lagu satu bagian dan bentuk lagu dua bagian tedapat pula lagu vokal dan lagu instrumetal berbentuk lagu tiga bagian, artinya dalam satu lagu termuat tiga kalimat.

E. Bentuk lagu tiga bagian kompleks / besar
Terdapat sebuah bentuk instrumental yang dasarnya ialah bentuk lagu tiga bagian, tetapi digandakan sehingga setiap bagian terdiri dari tiga kalimat. Dapat kita jumpai dalam nyanyian yang terdiri dari kalimat dengan 8 birama

Related Posts