Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Jumat, 24 Mei 2013

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

| Jumat, 24 Mei 2013
Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan merupakan sebuah peristiwa yang sangat penting dan patut dikenang sepanjang hayat bagi warga negara indonesia, karena dengan adanya proklamasi kemerdekaan tersebut, maka bangsa Indonesia telah lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mempunyai makna apabila dilihat dari beberapa sudut pandang, berikut adalah Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia :


Apabila dilihat dari sudut hukum
Proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
Apabila dilihat dari sudut politik
Proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.

Proklamasi menjadi alat hukum internasional
Untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan.

Proklamasi merupakan mercusuar
Yang menunjukkan jalannya sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan di setiap keadaan.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Related Posts