Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Kamis, 19 Desember 2013

Kesalahan Dalam Wawancara Kerja

| Kamis, 19 Desember 2013
kesalahan dalam wawancara kerja. Mencari suatu pekerjaan adalah hal yang di cari saat ini, apalagi mencari pekerjaan dengan gaji tertinggi, merupakan sebuah impian semua orang untuk hidup yang layak dimasa yang akan datang. Akan tetapi tidak mungkin seseorang sehabis lulus sekolah langsung mendapatkan pekerjaan. 


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendapatkan pekerjaan adalah dengan melamar kerja di sebuah perusahaan atau pun instansi lainnya. Langkah pertama adalah dengan membuat surat lamaran pekerjaan yang di tujukan kepada suatu perusahaan. Setelah itu adalah menunggu panggilan dari pekerjaan itu sendiri, biasanya dengan panggilan.

Namun sampai disini masih belum bekerja karena untuk lolos dalam pekerjaan ini satu langkah yang menentukan pekerjaan itu diterima apa tidak adalah sebuah wawancara. Dalam wawancara ini perlu anda ketahui agar pekerjaan anda diterima adalah dengan menghindari suatu kesalahan dalam wawancara kerja. Hal - hal tersebut bisa berpengaruh dengan iya tidaknya anda diterima kerja. 

Berikut adalah yang perlu dihindari saat wawancara kerja
1. Hindari berbicara dengan topik yang sensitif
Maksudnya awal bertemu dengan sang pewawancara, dia akan terlihat santai dibanding anda, seperti basa basi dan sekedar ngobrol ngalor ngidul, pada hal tersebut hindari berbicara dengan topik - topik yang lagi buming saat ini, contohnya seperti korupsi, politik apalagi dengan unsur SARA. Buatlah pembicaraan dengan santai tetapi sopan dan bisa menjaga situasi karena anda saat ini butuh dengan dia.

2. Jangan berbicara tentang gosip
Salah satu alasan tidak ketrimanya kerja adalah pada saat wawancara keluar gosip dari bibir anda, karena gosip akan berpengaruh pada suatu pekerjaan yang membuat pekerjaan tidak terselesaikan.

3. Biasa saja tidak Sok Tahu
Jika pada saat wawancara dan sudah dinilai sok tau maka hancurlah impian anda untuk bekerja disitu, karena dilihat dalam perusahaan karyawan yang bekerja tidak hanya satu orang, melainkan sebuah tim bukan seorang yang sok tau dan sok pintar. Dan apabila sifat anda sudah sok tau dari lahirnya, maka saat wawancara kerja di simpan dulu sok tau nya.

4. Menjawab pertanyaan dengan panik
Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan persiapan sebelum wawancara, jika perlu sebelum wawancara anda bisa melakukan simulasi dengan pertanyaan yang mungkin akan keluar saat wawancara. Jawab pertanyaan pewawancara dengan jujur karena dengan kejujuran anda tidak akan terlihat grogi di depan pewawancara. Dan apabila anda gugup atau pun grogi pada saat wawancara anda di anggap tidak menguasai topik dalam wawancara tersebut.

Semoga pada saat wawancara anda tidak melakukan hal hal diatas yang bisa merugikan anda untuk sebuah impian yaitu pekerjaan, Baca juga Cara Mengembangkan Karir Pekerjaan dan semoga sukses.

Related Posts