Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Sabtu, 19 Oktober 2013

Manfaat Kopi dan Bahaya Kopi

| Sabtu, 19 Oktober 2013
Berawal dari biji tanaman kopi yang sudah diekstrakkan dan sudah melalui beberapa proses yang akhirnya menjadi minuman kopi. Namun sebagian orang memandang bahwa kopi merupakan minuman yang dapat merugikan pada kesehatan tubuh, tapi ada pula yang menganggap kopi sangat baik untuk kesehatan. Dan tentunya semua ada nilai positif dan negatif nya pada minuman kopi ini, antara Manfaat kopi dan Bahaya Kopi seperti dibawah ini.

Manfaat Kopi
kopi akan bermanfaat apabila dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan  tentunya. Salah satu Manfaat Kopi adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit Diabetes, karena didalam kopi terdapat Asam Klorogenik yang berfungsi untuk menghambat penyerapan gula pada saat proses pencernaan. Asam Klorogenik ini juga dapat merangsang GLP-1 (penghasil insulin pada tubuh)

Akan tetapi kopi akan sangat berbahaya apabila kopi ini dikonsumsi secara berlebihan. Lebih besar Bahaya Kopi dari pada dengan Manfaat kopi.

Bahaya Kopi
1. Minum kopi 6-7 cangkir setiap hari akan mengakibatkan dehidrasi yang bisa mengakibatkan kulit kering dan akan rentan dengan kulit keriput karena kopi Diuretik nya sangat kuat.

2. Dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun apabila minum kopi ini sampai 4 cangkir setiap hari karena kopi mengganggu penyerapan nutrisi untuk tulang.

3. Sering gugup dan berkeringat karena didalam kopi ini terdapat caffein. Caffein ini memicu pelepasan glikogen oleh hati yang menyebabkan kadar gula darah tidak lagi seimbang.

4. Menimbulkan rasa cemas, apabila kopi dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan dapat menguras kelenjar adrenal karena caffein juga dapat merangsang sistem saraf pusat.

5. Ketergantungan pada kopi, akan lemas apabila tidak minum kopi dalam satu hari saja, karena pada kopi terdapat zat Addiktif 

6. Dapat membuat uang di dompet kita cepat habis, karena orang yang suka kopi identik dengan rokok.

Tentunya kopi bermanfaat apabila kita mengkonsumsi nya wajar - wajar saja dan akan sangat berbahaya apabila kita mengkonsumsi kopi ini sangat berlebihan.

Related Posts