Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Rabu, 02 April 2014

Resep dan Cara Membuat Puding Lapis Karamel

| Rabu, 02 April 2014
Resep dan Cara Membuat Puding Lapis KaramelPuding salah satu kue andalan dari beberapa ibu rumah tangga. Dengan kombinasi rasa manis dan pahit dari lapisan karamelnya membuat Kue Puding ini terasa nikmat untuk di lidah. Disini blog swantara akan berbagi Resep Puding yang tentunya dengan cara membuatnya. Sangat mudah dan sederhana, pertama kita siapkan bahan untuk membuat karamel dan lapisan nya terlebih dahulu.

Bahan Karamel :
300 cc air hangat
200 gram gula pasir

Lapisan pertama :
1 bungkus agar-agar bubuk
2 putih telur
75 gram gula pasir
300 cc susu

Lapisan kedua :
1/2 agar-agar bubuk
50 gram gula pasir
200 cc susu

Setelah bahan-bahan diatas siap sekarang saatnya membuat Puding Lapis Karamel dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Langkah pertama adalah Panaskan gula pasir diatas wajan hingga meleleh dan menjadi karamel, lalu tambahkan air hangat, diaduk sampai rata, dinginkan dan bagi menjadi dua bagian.
  2. Selanjutnya membuat lapisan yang pertama yaitu ambil satu bagian dari karamel di atas, lalu tambahkan susu, gula pasir, agar-agar dan didihkan sambil diaduk kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya kocok putih telur sampai kaku lalu tambahkan 25 gram gula pasir, kocok terus sampai terlihat kaku
  4. Masukkan adonan ke dalam kocokkan putih telur tadi sampai merata dan tuang kedalam loyang kira-kira berukuran 20 cm.
  5. Untuk langkah terakhir adalah pada lapisan yang kedua dengan merebus sisa karamel yang sudah dibagi menjadi dua di atas, aduk sampai mendidih (dengan api kecil) lalu tuang ke lapisan yang pertama tadi. Biarkan sampai dingin dan mengeras, bila perlu masukkan ke dalam kulkas.
Selessai sudah Resep dan Cara Membuat Puding Lapis Karamel yang siap untuk disajikan.

Related Posts