Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Selasa, 16 Oktober 2012

Sejarah Internet

| Selasa, 16 Oktober 2012
Sejarah Internet. Sejarah perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institut (SRI),Universitas on California of Los Angeles (UCLA) , Universitas Utah Charley Kline, dan Unversitas California Santa Barbara (UCSB) .Saat itu penggunaan banwith masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983,dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet . Awalnya Internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyarakat umum .


Tahun 1995 , mulailah dikenal teknologi Word Wide Web atau bisa disebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data .Dengan teknologi ini , Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia . Saat ini Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personel Data Assistant) dengan menggunakan tehnologi WAP (Wireless Application Protocol)

PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET
Perangkat yang digunakan untuk mengakses Internet meliputi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat LAN. 

Perangkat Keras (Hardware) 
Komputer : spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISPsangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses Internet. Spesifikasinya antara lain : 

a. Komputer minimal menggunakan processor 80486 DX. 

b. RAM (Random Access Memory ) kapasitas yang digunakan kurang lebih 32 MB(Mega Byte) RAM digunakan untuk menyimpan data ,gambar, suara, atau program aplikasi dimana penyimpanannya bersifat sementara. 

c. Harddisk, berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik. 

d. VGA ( Video Graphics Array) card, berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor 

e. Monitor, merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari komputer. 
Ada beberapa hardware tambahan sehingga memungkinkan , anda mengakses Internet melalui komputer. Hardware tersebut diantaranya adalah modem, kabel UTP(Unshielded Twisted Pair) , Konektor RJ 45, Kabel Koaksial, wireless Adapter, Switch,Router, dan Ethernet card (LAN card ) 

Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator DEModulator. Modem adalah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya . Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer kekomputer lain. 

Cara kerja modem adalah sebagai berikut. Data dari komputer yang terbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio, Setibanya di modem tujuan , sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya yaitu , modem eksternal da modem internal. 

Kabel UTP
Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antar komputer , antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. 

Konektor RJ 45 
Konekor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP 

Kabel Koaksial
Kabel Koaksial digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya. 

Wireless Adapter
Wireless adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika. 

Switch (switch hub) 
Switch digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. 

Router
Router digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Perbedaan Router dibandingkan modem, router hanya digunakan dalam server jaringan . Dalam hal ini router dan modem merupakan satu satu kesatuan ada server jaringa. Pada sistem bukan jaringan tidak diperlukan router , cukup dengan menggunakan modem untuk menghubungkan sebuah PC dengan jaringan telekomunikasi . 

Ethernet Card (LAN Card) 
Ethernetcard (LAN card) digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmii data antarkomputer yang terkoneksi .Ethernet card yang disebut juga dengan Network Interface Card( NIC) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan . Jika menggunakan kabel UTP , maka diperlukan ethernet card dengan interface UTP. Jika menggunakan kabel BNC, maka diperlukan ethernet card dengan inface BNC . Ethernet card yang terdapat di pasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo. 

Ethernet card ekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second(bps) . Kecepatan transfer data tersebut di mulai dari 10 bps , 100 bps, dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain : 
ethernet 
fast ethernet 
gigabit ethernet. 

Perbedaan jenis-jenis ethernet card terdapat pada kecepatan trasfer datanya. Jenis ethernet mempunyai kemampuan trasfer dat sebear 10 bps. Jenis fast ethernet mempunyai kemampuan transfer data sebesar 100 bps, sedangkan jenis gigabit ethernet mempunyai kemampuan trasfer data sebesar 1000 bps. Di pasaran saat ini terdapat Network Interface Card (NIC) dengan kemampuan bekerja 3 speed (10/100/1000 bps). NIC tersebut disebut juga dengan combo adapter. 

Perangkat Lunak (Software) 
Perangkat lunak untuk mengakses internet antara lain meliputi : sistem operasi, web browser, e-mail client (mail user agent) , dan nstant messaging client. 

a. Sistem Operasi, yang digunakan hendanya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan , perhatikan minimum hardware requirement pada boks perangkat lunak sistem operasi yang akan anda beli. Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjalankan sistem operasi windows XP atau Windows Vista . Selain mengunakan Windows XP atau Vista, anda uga bisa menggunakan sisten operasi gratis seperti, Ubuntu Linux, Open SuSE, dan Mandriva. Untuk pengguna Macintosh biasanya telah terinstal sistem operasi Mac OS 

b. Web Browser Adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakuka iteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai Word Wide Web (www) . Contoh Web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Safri, Internet Explorer biasanya hanya tersedia pada sistem operasi Windows , dari sejak Windows 9 sampai dengan Windows Vista . Sebaliknya , Mozilla Firefox dan Opera tersedia pada Windows , Mac OS, maupun Linux , Safari dulu hanya teredia untuk Mac OS, kini telah ada versiSafari untuk Windows. 

c. E-mail Client berfungsi untuk mengelola e-mail . Contoh e-mail client antara lain Microsoft Outlook Express, Microsoft Office Outlook , dan Mozilla Thunderbird. 

d. Instant Messaging Client sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks . contoh instant massaging client adalah ICQ , Yahoo Mesenger, iChat dan Pidgin. 

ISTILAH-ISTILAH INTERNET 
  • account : data tentang seseorang , minimal terdiri dari username dan password.
  • browsing : menjelajah dengan mengikuti link di halaman web.
  • disconnect : memutuskan hubungan komputer dengan jaringn internet.
  • download : menyalin file atau program dari situs internet ke media penyimpanan lain seperti flashdisk, harddisk.
  • DSL : Digital Subscriber Line , merupakan tehnologi yang mampu menydiakan bandwidth cukup tinggi kerumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon. 
  • Firewall : kombinasi dari hardware dan software yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data. 
  • FTP : File Transfer Protocol , yaitu protocol standar untuk kegiatan lalu lintas file ( upload maupun download) antara dua computer yang terhubung dengan jaringan internet. 
  • hacker : seseorang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem komputer.
  • hang : menggantung, macet. 
  • HTML : Hypertext Mark Up Language yaitu bahasa pemrograman untuk membuat web. 
  • HTTP : Hypertext Transfer Protocol , yaitu protocol untuk bertukar informasi di internet. 
  • hyperlink: teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain. 
  • ISP : Internet Service Provider yaitu perusahan atau badan usaha penyedia layanan Internet.
  • Login : proses masuk k jaringan internet , miniml ada username dan password.
  • Plug-in : program tambahan untuk web broser. 
  • TCP/IP : Transmission Control Protocol/ Internet Protocol , yaitu protocol yang beroperasi dalam bagian yang berbed.
  • URL : Uniform Resource Locator , yaitu cara penamaan alamat file di internet. 
  • WAP : wireless Aplication Protocol, protocol yang digunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses internet dengan format teks.

Related Posts