Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Jumat, 24 Mei 2013

Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

| Jumat, 24 Mei 2013
Sumber Daya Alam dan ManfaatnyaSumber Daya Alam merupakan potensi ada di alam yang nantinya dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sedangkan pengertian dari sumber daya alam itu sendiri adalah kekayaan alam yang berupa benda mati / mahluk hidup yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Manfaat dari sumber daya alam yang ada di indonesia antara lain:
Untuk mengatasi polusi dan pencemaran udara
  1. Melakukan penghijauan dan reboisasi, penghijauan dan reboisasi untuk mencegah kerusakan lingkungan yang berkaitan dengan air, tanah dan udara.
  2. Dengan membuat sengkedan pada lahan miring untuk mencegah erosi dan memelihara kesuburan tanah yang berbukit-bukit dan miring.
  3. Pengembangan daerah aliran sungai merupakan daerah peta dari kerusakan dan pencemaran karena sering terjadi erosi tanah di dekat sungai.

Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Sebagai modal dasar, sumber daya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara yang tidak merusak. Oleh karena itu, metode yang digunakan harus dipilih untuk mempertahankan dan mengembangkan basis modal yang lebih bermanfaat untuk pengembangan selanjutnya.

Selain itu beberapa penyalah gunaan Manfaat Sumber daya Alam,
Akibat ulah manusia yang dapat menyebabkan perubahan dengan berbagai jenis pencemaran seperti:
  1. Polusi udara, hasil limbah industri, limbah pertambangan, asap rokok, asap kendaraan karena karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida, yang menyebabkan kesulitan dalam menghirup udara tercemar.
  2. Polusi suara dapat dihasilkan dari kebisingan mobil, pesawat kereta api, dan jet.
  3. Pencemaran air dari pembuangan industri tetap sembarangan bisa mencemarkan sungai dan laut.
  4. Tanah kontaminasi.

Teknologi yang digunakan bersama dengan alat-alatnya yang berkembang dengan cepat mempercepat dan memfasilitasi alat produktivitas yang ahli menggunakan fitur-fitur canggih seperti Indonesia masih kurang di negara maju namun para ahli Indonesia masih bisa menghasilkan sumber daya alam yang memuaskan

Related Posts